Daihatsu Surabaya

JUJUM PURNOMO
SALES EXECUTIVE DAIHATSU
PROMO HARGA DAIHATSU
BBM: D7C7C00C
Hot News

Berita

Emisi Euro4, Daihatsu Sebut Catalytic Converter-nya Lebih Canggih

Ribut-ribut soal rencana pemberlakuan standar emisi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ternyata sudah mengekspor mobil dengan standar Euro4 bahkan Euro5 ke berbagai negara.

Hal itu yang membuat ADM percaya diri dengan pemberlakuan aturan tersebut pada mobil baru di 2018.

"Untuk Euro4, kami siap dan enggak ada masalah. Kami sudah buat produk untuk ekspor baik dari standar Euro4 sampai Euro5. Tergentung regulasi saja, karena pada dasarnya Jepang juga sudah Euro5. Negara tertentu yang kami ekspor juga standarnya Euro5," ujar Amelia Tjandra, direktur marketing PT ADM.

Amel menegaskan, Daihatsu sudah memiliki komponen catalytic converter yang sesuai dengan standar Euro4. Mobil Daihatsu yang diproduksi untuk pasar lokal saat ini masih menggunakan catalytic converter Euro2.

"Sekarang kami sudah punya (catalytic converter) meskipun sesuai standar Euro2. Catalytic converter miliki Daihatsu bisa dibilang berbeda dengan milik merek lain karena dia bisa meregenerasi sel-nya sendiri. Jika komponen mobil lain 100 ribu kilometer sudah mampet, maka punya kami tidak. Jadi kami enggak takut mau standar Euro4 berlaku pun," bebernya.

Jika mobil harus berstandar Euro4, maka dipastikan ada penambahan biaya. Penambahan ini nantinya akan dibebankan kepada konsumen dengan kenaikan harga jual mobil.

"Itu semua ada tambahan biaya, akan dikenakan kepada konsumen. Sekarang tinggal maunya pemerintah bagaimana, mau Euro4 ya biaya memang harus disesuaikan. Soal harga naik, ya kan semua merek main, mereka akan mengubah harga untuk mengikuti kebijakan ini," pungkas dia.