Daihatsu Surabaya

JUJUM PURNOMO
SALES EXECUTIVE DAIHATSU
PROMO HARGA DAIHATSU
BBM: D7C7C00C
Hot News

Berita

Penjualan Retail Meningkat

Turunnya penjualan wholesales Daihatsu (dari APM ke diler) berdampak pada kurangnya stok di diler. Pengurangan produksi merupakan strategi untuk membuat stok Daihatsu lebih sehat. Ayla merupakan salah satu produk Daihatsu yang suplai ke dilernya dikurangi. Akibatnya saat ini Ayla justru inden.

"Wholesales Daihatsu lebih kecil dari retailsales (diler ke konsumen). Artinya pasar atau stok market Daihatsu menjadi lebih sehat. Sebagian stok Daihatsu itu sangat minim sehingga harus inden, misalnya Ayla," ujar Amelia Tjandra, direktur marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Berbeda dengan Ayla, stok Gran Max pikap justru menumpuk di diler. Hal itu dikarenakan penjualannya belum membaik.

"Pikap kami sekarang stoknya naik karena pasar komersial turun. Penyebab utamanya karena daya belinya belum naik sesuai harapan," tambah Amel.

Amel mengakui, walaupun Gran Max pikap turun, tapi market share-nya justru naik. Bahkan pada April menjadi nomor satu di kelasnya.

"April yang bikin kejutan di tipe-tipe Daihatsu, selain Gran Max nomor satu, Luxio nomor satu, Sirion kami nomor tiga, Xenia nomor dua, dan Terios nomor empat. BR-V sama HR-V merajai pasar SUV menggeser posisi Rush dan Terios, tetapi tipe-tipe lain, yang tadinya Xenia sudah tergerus ke nomor empat sekarang balik lagi ke nomor dua," pungkas Amel.

Di segmen low MPV, Xenia berkompetisi dengan Avanza, Mobilio, dan Ertiga.