Daihatsu Surabaya

JUJUM PURNOMO
SALES EXECUTIVE DAIHATSU
PROMO HARGA DAIHATSU
BBM: D7C7C00C
Hot News

Berita

Sigra Disarankan Pakai BBM RON 92

Astra Daihatsu Sigra dibuat untuk memenuhi regulasi Low Cost Green Car (LCGC). Sigra harus bisa memenuhi syarat hemat energi.

Karena itu Sigra disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 92. Sebab, kompresi mesin Sigra sudah terbilang tinggi.

"Mesin itu sekarang kan rata-rata sudah high compression. Sigra itu rasio kompresinya 11,5:1. Kompresi tinggi itu sendiri membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi. Rekomendasi kita tetap RON 92," kata Technical Service Executive Coordinator ADM, Anjar Rosjadi di Astra International Daihatsu Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Sensasi Mengendarai Sigra

Tapi dalam kondisi tertentu sebenarnya Sigra bisa saja menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah. Misalnya, di beberapa daerah bahan bakar minyak dengan RON 92 sulit didapatkan, maka Sigra bisa berjalan menggunakan bahan bakar di bawah RON 92. Tapi konsekuensi dalam jangka pendek, tenaga dan efisiensi bahan bakar menjadi kurang maksimal.

"Dan dalam jangka waktu lama dipakai terus-menerus dengan oktan rendah, tentunya pembakaran tidak sempurna efeknya ada karbon sisa pembakaran. Lama-lama mesin bisa kotor," jelas Anjar.

Anjar menyebut, kalau terjadi kerusakan mesin akibat penggunaan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah, maka hal itu bisa menggugurkan garansi kendaraan.

"Secara aturan akan menggugurkan garansi kalau pakai oktan yang lebih rendah. Tapi kita akan lihat situasinya. Kalau ada problem yang terkait dengan penggunaan bahan bakar oktan rendah tentunya waranty-nya akan gugur. Kalau misalnya mesin rusak karena ngelitik akibat pakai oktan rendah, itu kan terkait langsung (dengan penggunaan bahan bakar oktan rendah). Tapi kalau problem yang tidak berhubungan dengan pemakaian bahan bakar oktan rendah misalnya masalah pada suspensi, ya masih bisa. Kita cek dulu kan case by case," kata Anjar.