Daihatsu Surabaya

JUJUM PURNOMO
SALES EXECUTIVE DAIHATSU
PROMO HARGA DAIHATSU
BBM: D7C7C00C
Hot News

Berita

Daihatsu Boyong Hijet dari Jepang di GIIAS

Lama tidak terdengar, kini Daihatsu Hijet kembali muncul pada pameran mobil di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di BSD. Seperti apakah?

Pickup mini yang masuk ke dalam kelas Kei car di Jepang ini dihadirkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku APM mobil Daihatsu bersama 4 kei car lainnya seperti Daihatsu Move, Wake, Mira Cocoa dan Copen untuk menunjukkan bahwa Daihatsu juga memiliki lini produk mobil mini di negara asalnya.

Kembali ke Hijet, sebelumnya di beberapa laman sosmed dan media sempat muncul kabar bahwa Daihatsu berencana memasukkan mobil niaga ukuran kecil untuk mengisi segmen mobil niaga dibawah Gran Max dan rencananya akan dilengkapi mesin dengan kapasitas dibawah 1.000cc.

Memang bila dirunut ke belakang, pasar pickup ukuran kecil di Indonesia hanya diisi oleh Suzuki dan Mitsubishi dengan kolaborasi Carry/Colt T120SS yang memiliki mesin bensin dan Tata dengan model Super Ace 1.5 dan Ace EX2 700cc yang menggunakan mesin diesel. Praktis setelah Espass tidak dijual lagi, hanya Gran Max-lah yang menjadi andalan ADM di segmen niaga.

Seperti kei car pada umumnya, Hijet dilengkapi dengan mesin bensin 3 silinder 660cc dengan konfigurasi penggerak roda belakang, panjang 1.940mm, lebar 1.305mm dan berat kosong kendaraan yang tak lebih dari 850 kg. Jelas lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan Daihatsu Xenia sekalipun.

Selain itu, Hijet yang dijual di Jepang juga memiliki varian minivan, blindvan, box van juga dump truck hidrolik dan juga dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda untuk kondisi cuaca bersalju. Hijet juga memiliki pilihan transmisi otomatis dan dilengkapi dengan fitur keselamatan standar seperti ABS dan 2 airbag.

Bila ADM menjual Hijet di Indonesia, tentunya mobil ini bisa memiliki harga yang sangat kompetitif jika memproduksinya dengan kandungan lokal yang banyak dan menggunakan mesin yang sama seperti Daihatsu Ayla tentunya. Selebihnya, akan menjadi nilai tambah bila Daihatsu juga membuat model van penumpang bagi konsumen yang tidak membutuhkan ukuran besar seperti Gran Max atau Luxio namun masih memiliki fungsi ganda sebagai mobil niaga.