Daihatsu Surabaya

JUJUM PURNOMO
SALES EXECUTIVE DAIHATSU
PROMO HARGA DAIHATSU
BBM: D7C7C00C
Hot News

Berita

Sirion Balap Garapan DSS Garage Ini Pakai Mesin Motor

Ada yang menarik dari proyek Daihatsu Sirion yang digarap oleh Dana Suspension Specialist (DSS GARAGE). Sirion yang dimodif untuk 3 kelas balap tersebut ternyata menggunakan mesin kendaraan roda dua.

Tapi jangan salah, mesin motor pun mampu memberikan performa maksimal untuk Sirion ini. Menurut salah satu pemilik DSS GARAGE, Dana Karya, penggunaan mesin motor pada mobil balap seperti road race dan rally, merupakan sesuatu yang menguntungkan.

"Jadi kita pikir mesin motor ini punya apa yang diimpikan sama pembalap. RPM tinggi, gearboxnya sequential, dia (tenaganya) 250 HP. Tinggal kita mengaplikasikan bisa enggak masuk ke mobil," tuturnya.

Hal tersebut juga dirasa Dana, bukan sesuatu yang menyalahi aturan dalam memodifikasi mobil balap maupun saat berkompetisi.

"Insya Allah si enggak ada larangan. Kalau kita baca si enggak ada larangan bahwa balapan mobil pakai mesin motor itu tidak diperbolehkan. Ya kita kan ngarepin ini sebenarnya lebih ke modifikasi ya," ujarnya, saat berbincang dengan detikOto, di Ciputat, Tangerang Selatan.

Dana mempunyai beberapa alasan kenapa Sirion yang sedang digarapnya tersebut dibekali dengan mesin motor.

"Alasannya kita milih mesin motor itu, satu RPM-nya tinggi. Rata-rata mungkin yang bisa nyaingin, mesin rotary lah, rotary pun enggak bisa lebih dari 10.000 (RPM)," ucapnya.

"Yang kedua juga kita mau ngerasain yang namanya gearbox sequential 1 arah. Jadi naiknya satu arah, satu arah gitu. Nah ternyata mobil kan rata-rata H pattern bawaannya, kecuali kalau beli ekstra lah ya, kalau kita beli ekstra tuh harganya rata-rata di atas Rp 300 juta gearboxnya aja kalau beli yang 1 arah," tutur Dana.

Berikut beberapa spesifikasinya.

Penggerak Depan: As roda dicabut, MacPherson Strut dipertahankan dengan mengganti ISC COILOVER Shocks.
Suspensi & Penggerak Belakang:
Shocks ISC COILOVER dari dengan pemasangan sistem 4-Link
ISC COILOVER Shocks (Depan/Belakang)
Mesin : HOLESHOT RACING Engine 1.300cc 4-Cylinder, 16-Valve, DOHC 200HP 10.000 RPM
Transmisi: Dog BoxDOG BOX SEQUENTIAL 6-Speed.
Engine Control Unit (ECU) : MEGASQUIRT (Do it your self ECU)
Power Steering & Rack & Pinion: ELECTRONIC POWER STEERING aslinya.