Daihatsu Surabaya

JUJUM PURNOMO
SALES EXECUTIVE DAIHATSU
PROMO HARGA DAIHATSU
BBM: D7C7C00C
Hot News

Berita

Daihatsu Sigra Laris Manis di Jawa Timur

Daihatsu Sigra kembali menjadi sosok fenomenal di berbagai wilayah tanah air. Pasalnya kendaraan ini baru diluncurkan bulan September lalu, dan kini Sigra dikabarkan mampu menopang penjualan Astra Daihatsu khususnya di Jawa Timur sepanjang Oktober lalu. Adapun surat pesanan kendaraan (SPK) yang diterima Daihatsu mencapai 2.200 unit.

Area Manager Jawa Timur PT Astra International Daihatsu Budhy Lau menyatakan, kontribusi Sigra pada Oktober berada di peringkat pertama dari total penjualan Daihatsu di Jawa Timur. Penjualan otomotif di Jatim pun terkerek berkat keberadaan LCGC tujuh penumpang yang awalnya tidak ada.

’’Kami masukkan kelompok tersendiri untuk LCGC tujuh penumpang,’’ ujar Budhi setelah test drive Daihatsu Sigra, Sabtu (19/11).

Hingga kini, pemesanan Sigra masih inden lantaran terkendala suplai dari pusat. Pesanan yang diterima setiap bulan bisa mencapai 700–800 unit.

’’Suplai dari pusat hanya mencapai 500 unit per bulan,’’ katanya.

Untuk menjaga antusiasme pasar, Daihatsu mengadakan test drive agar konsumen yang telah mengantongi SPK, tetapi belum mendapatkan unitnya, bisa merasakan sensasi menikmati Sigra.

Selain itu, Daihatsu menargetkan tambahan SPK 200 unit selama test drive.

Dari total penjualan Sigra, kontribusi terbesar masih berada di Surabaya dan sekitarnya yang mencapai 60 persen.

Tipe yang dominan dipilih pembeli adalah tipe R serta transmisi manual. Pasar LCGC 7 penumpang di Jawa Timur pun tumbuh 138 persen. Saat ini, total pasar di segmen tersebut mencapai 1.600 per bulan. Sigra sendiri kini meraih pangsa pasar 28,81 persen.

Daihatsu optimistis sampai akhir tahun ini Sigra bisa terjual di angka 2.700 unit, bahkan tiga ribu unit.

’’Tapi, kami terkendala di pasokan. Jadi, kami meminta suplai ditingkatkan untuk daerah yang pemesannya tidak terlalu banyak bisa dialihkan ke Jatim,’’ tutur Budhi.

Sampai Oktober pasar otomotif di Jatim tumbuh satu persen. Di Surabaya, pasar otomotif mampu tumbuh sekitar lima persen.
Daihatsu sendiri mengalami pertumbuhan penjualan sepuluh persen. Penjualan Daihatsu pada Oktober di Jawa Timur mencapai 1.527 unit. Sigra menyumbang 32 persen atau terjual 700 unit.

Di posisi kedua ditopang Xenia dan pikap masing-masing 23 persen serta Ayla 14 persen. Untuk memperkuat segmen niaga kecil, Daihatsu meluncurkan Hi-Max di Surabaya. Hi-Max ditargetkan mampu terjual 50–60 unit per bulan. Sampai saat ini, Daihatsu telah menerima 15 SPK.